Thursday, January 14, 2021

Supervisi Administrasi Guru, Hariyana: Ciptakan Pembelajaran yang Efektif

Kepala MIN 2 Boalemo, Hariyana Tahutu sedang memeriksa atau melakukan supervisi administrasi guru, Senin (04/01/21) di ruang kerjanya

BOALEMO (kemenag.go.id) – Meski masa tanggap darurat pandemi covid-19 belum jelas sampai kapan, namun kegiatan supervisi administrasi guru tetap dilakukan. Karena tugas pokok Pimpinan atau Kepala Madrasah adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervis manajerial.

Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo, Hariyana Tahutu tengah melakukan supervisi administrasi Guru, Selasa (12/01/21) diruang kerjanya.

Menurut Hariyana Tahutu, supervisi tersebut merupakan upaya pembinaan untuk meningkatkan kinerja para Guru dalam proses pembelajaran serta untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dimasa pandemi covid-19. 

“Supervisi administrasi guru erat kaitannya dengan penilaian kinerja guru dalam pembelajaran, sehingga kompotensi guru harus selalu ditingkatkan. Maka supervisi tersebut dipusatkan pada perangkat pembelajaran, maupun skenario pembelajaran yang akan diterapkan pada peserta didik,” urainya.

“Sesuai dengan Tupoksinya, guru harus mempersiapkan, merencanakan, dan membuat perangkat pembelajaran, dan selanjutnya melaksanakannya dalam proses pembelajaran yang diikuti dengan proses penilaian serta tindak lanjut, adapun tindak lanjutnya adalah program remedial dan pengayaan,” tambah Hariyana.

Hariyana juga menjelaskan bahwa guru yanga baik tentu harus mempunyai kelengkapan administrasi mulai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Administrasi itu disusun secara tertib dan sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi guru.

“Salah satu upaya guru memiliki administrasi pembelajaran secara baik dan lengkap adalah dengan melakukan supervisi oleh Kepala Madrasah. Dengan supervisi guru mendapatkan pembinaan, pengarahan, dan evaluasi,” jelas Hariyana.

Hariyana menilai supervisi administrasi dari Kepala Madrasah memiliki fungsi yang sangat efektif. Guru lebih mempersiapkan diri untuk melengkapi administrasinya. “Semoga kegiatan supervisi administrasi memberikan manfaat bagi kita semua demi mutu pendidikan yang lebih baik,” tutup Hariyana


sumber: https://gorontalo.kemenag.go.id/berita/511606/supervisi-administrasi-guru-hariyana:-ciptakan-pembelajaran-yang-efektif


 

0 Comments:

Post a Comment