Thursday, December 3, 2020

Kepala MIN 2 Boalemo: Ujian PAS Tolok Ukur Keberhasilan Belajar Siswa

 

Suasana Peserta Didik MIN 2 Boalemo sedang mengikuti ujian PAS  Ganjil tahun ajaran 2020/2021


BOALEMO – Tujuan Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) pada satuan pendidikan adalah untuk memperoleh gambaran perkembangan kompetensi peserta didik selama masa pembelajaran dan digunakan sebagai dasar untuk penentuan kelulusan atau tolok ukur hasil belajar peserta didik.

Hal tersebut dikatakan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo, Hariyana Tahutu kepada para Guru Wali kelas sebelum memulai pelaksanaan Ujian PAS Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, Senin (30/11/20).

Hariyana juga menambahkan bahwa pendidikan pada hakikatnya merupakan investasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan diyakini dapat meningkatkan dan mempertinggi kualitas tenaga kerja, sehingga memungkinkan tersedianya angkatan kerja yang terampil, handal, dan sesuai dengan tuntutan pembangunan serta peningkatan produktivitas nasional.

“Pendidikan merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan kognitif dan kecerdasan emosional sebagai modal dasar untuk mengerjakan tugas yang diemban serta untuk menghadapi dinamika kehidupan global,” jelas Hariyana.

Sementara itu, Yeni Hursan Guru kelas 3 MIN 2 Boalemo menjelaskan bahwa pelaksanaan Ujian PAS tidak terlepas dari yang namanya peraturan-peraturan yang dibuat oleh pihak madrasah, hal ini maksudkan agar selama proses pelaksanaan ujian PAS dapat berlangsung dengan tertib dan lancar tanpa ada gangguan yang mengganggu kenyamanan proses ujian tersebut.

“Pada pelaksanaan Ujian PAS harus mentaati tata tertib atau peraturan yang dibuat oleh pihak Madrasah, agar terlaksana dengan tertib dan lancar serta selalu memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19,” tuturnya.

“Upaya pengembangan kecerdasan kognitif maupun emosional diwujudkan melalui pendidikan. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional sesuai dengan tuntutan nasional dan global,” pungkasnya


Sumber : https://gorontalo.kemenag.go.id/berita/511424/kepala-min-2-boalemo:-ujian-pas-tolok-ukur-keberhasilan-belajar-siswa


3 Comments: